Jumat, 30 Desember 2011

Kehidupan Orang-orang Grabag

Kehidupan sosial di daerah Grabag sudah termasuk daerah yang berkembang. memang sebagian besar penduduk di Daerah Grabag menjadi petani. namun itu hanya berlaku bagi mereka yang memiliki sawah. Tak beda dengan daerah-daerah lain,penduduk Grabag juga mempunyai berbagai lapangan pekerjaan.
Seperti di Desa Purwogondo, merupakan penghasil krupuk slondok, puyur, pothil, dll yang sudah dikenal di berbagai daerah. Tak diragukan lagi bahwa Orang-orang Grabag merupakan Orang-orang yang kreatif dalam memanfaatkan hasil dari pertanian di sekitarnya.
Ada juga di desa Sawahan yang merupakan pemasok tahu di berbagai belahan pasar. Tidak hanya kualitas yang akan d rasakan namun rasanya juga benar-benar tahu banget, karena di buat dari kedelai asli dan tidak menggunakan bahan pengawet dan semacamnya.
Selain menghasilkan berbagi makanan, ada juga daerah yang menghasilkan penghias dalam dekorasi maupun ruangan. Jika anda berkunjung di desa Citrosono, di sepanjang jalan anda akan menemukan pemandagan yang indah serta bau yang harum (pada malam hari). Di desa ini para petaninya tidak hanya menanam padi maupun sayuran, melainkan bunga sedap malam, aster, karnesyen, dll. bunga-bunga ini sering dikirim sampai ke Jakarta, Bali, Surabaya, dan daerah lainnya.
Beda Lagi dengan Desa Nglebak. Meskipun desa ini terkenal dengan desa pengemis yang sebagian besar penduduknya mata pencahariaannya sebagai pengemis, desa ini sekarang diubah menjadi desa penghasil tas pasar atau angkring yang terbuat dari olahan plastik.
Kebudayaan Grabag juga tidak kalah menarik dan uniknya dengan daerah-daerah di belahan Indonesia. Contohnya saja  kesenian kuda lumping, kubra siswa, jathilan, ndayakan, topeng ireng, soreng, dll.
sebenarnya masih banyak lagi yang ingin saya ceritakan tentang kehidupan Grabag. tapi lebih menarik dan afdhol jika anda-anda mengunjunginya... yuukk di tunggu kunjungannya.


1 comments:

Jeedan Soediyanto mengatakan...

Kangen desa..
tunggu kedatanganku lebaran besookkkk...

Posting Komentar

Revoluzine Blogger

slamat datang di blog ane , sedikit hal2 tentang grabag dan skitarnya yang menarik untuk di kunjungi dan diketahui

Links

Halaman