Minggu, 15 Januari 2012

Keagamaan Di Grabag



Kondisi Sosial Keagamaan.
Agama yang banyak dianut oleh penduduk Desa Grabag cukup beragam, namun mayoritas penduduknya adalah menganut agama Islam. Kondisi tersebut tidak menjadikan timbulnya konflik di masyarakat. Kehidupan beragama dikalangan para penduduk masing-masing agama dapat berjalan dengan baik dan saling menghormati antara agama satu dengan agama yang lain. Mengenai agama dan kepercayaan yang ada di Desa Grabag, diantaranya adalah; Agama Islam, Agama Katholik, Agama Kristen. Berdasarkan observasi yang diperoleh selama di lapangan, pemeluk masing-masing Agama tahun 2002 dapat dilihat dalam tabel berikut.
TABEL. VI.
PENGANUT AGAMA DESA GRABAG
No
Agama
Jumlah
1
2
3
4
5
Islam
Katholik
Hindu
Kristen
Budha
18.118 orang
15 orang
-
7 orang
-

Jumlah
18.140 orang
            Sumber: Data Monografi Desa Grabag tahun 2002

Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa jumlah pemeluk Agama Islam merupakan agama yang paling banyak dianut oleh masyarakat Desa Grabag disusul Agama Katholik, Agama Kristen, Agama Hindu, dan Agama Budha. Dengan mengetahui jumlah pemeluk agama yang ada di Desa Grabag, perlu juga dipaparkan mengenai sarana peribadatan. Adapun sarana peribadatannya sebagai berikut :
TABEL .VII.
TEMPAT PERIBADATAN.
No
Nama tempat ibadah
Jumlah
1
2
3
4
5
Masjid
Mushola
Gereja
Pura
Vihara
4 buah
12 buah
1 buah
-
-

Jumlah
17 buah
    Sumber: Data Monografi Desa Grabag tahun 2002

Berdasarkan tabel di atas dapat disimpulkan bahwa jumlah sarana peribadatan umat Islam menempati jumlah terbanyak sesuai dengan besarnya jumlah pemeluk agama tersebut. Umat Islam Desa Grabag sebagai umat mayoritas terdiri dari berbagai faham keagamaan dan organisasi ke-Islaman baik yang bercorak modern maupun yang bercorak tradisional seperti Muhammadiyah dan NU, Islam Jama’ah dan sebagainya. Sungguhpun demikian masih terdapat umat Islam yang tidak berpegang teguh pada ajaran-ajaran Islam seperti melaksanakan sholat dan puasa. Umumya mereka adalah orang-orang yang masih memegang kuat adat istiadat Jawa yang juga berkembang di daerah Desa Grabag, seperti upacara-upacara tertentu seperti nyadran, kematian, kelahiran seringkali masih dipengaruhi oleh budaya tersebut.

0 comments:

Posting Komentar

Revoluzine Blogger

slamat datang di blog ane , sedikit hal2 tentang grabag dan skitarnya yang menarik untuk di kunjungi dan diketahui

Links

Halaman